Flying Fish

Tips Kesehatan Bermutu

2 Jenis Herpes Yang Sering Menyerang Manusia

penyakit herpes

Peyakit herpes merupakan penyakit yang menyerang kulit manusia. Penyakit ini memiliki cukup banyak jenisnya. Namun yang paling umum hanya dua jenis herpes, yakni herpes simplex (genitalis) dan herpes zoster. Keduanya sama-sama jenis herpes yang disebabkan oleh virus.

Virus herpes selalu menyerang bagian kulit, dimana mereka akan menimbulkan luka maupun ruam pada kulit. Bahkan ruam dan luka yang muncul cukup sangat banyak dengan berkelompok dan juga sangat mengerikan. Banyak orang yang mengalami apa itu herpes akan mengalami stress. Karena menimbulkan luka yang dapat menularkan kepada orang lain. Dan luka-luka tersebut akan terlihat.

Jenis Herpes

Herpes Zoster

Herpes zoster merupakan herpes yang menyerang saraf dan kulit. Herpes zoster disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air, yaitu virus varisela zoster. Varisela zoster merupakan virus yang menyebabkan seseorang mengalami cacar air.

Di Indonesia, orang yang terkena herpes dibagian kulit dikenal dengan cacar air. Cacar air yang sudah sembuh akan kembali aktif dan sering dikenal dengan sebutan cacar api. Bahkan sering dikenal juga dengan sebutan cacar naga.

Tentunya virus herpes zoster tidak menular. Namun apabila anda bersentuhan dengan penderita di Klinik Gracia Cideng, maka anda akan mengalami cacar air. Hal itu terjadi jika anda belum pernah terkena cacar air. Jika anda sudah pernah mengalami cacar air, maka anda akan mengalami kondisi herpes zoster.

Penyakit cacar air ini bukanlah penyakit serius. Dalam waktu 2-3 minggu bintik-bintik pada tubuh akan hilang dengan sendirinya meskipun anda tidak melakukan pengobatan. Tetapi bukan berarti anda harus membiarkan hal tersebut tanpa pengobatan. Jika anda sudah menemukan bentol-bentol disekitar tubuh, maka sebaiknya anda langsung melakukan pemeriksaan ke dokter untuk menghindari berbagai komplikasi.

Gejala Herpes Zoster

  • Demam
  • Tidak Peka Terhadap Cahaya
  • Sakit Kepala
  • Badan selalu terasa lelah
  • Muncul Bintik-bintik hampir diseluruh bagian tubuh

Pengobatan Herpes Zoster

gejala herpesHerpes zoster biasanya akan diobati menggunakan obat-obatan antivirus. Obat-obatan ini sebenarnya hanya untuk mencegah virus aktif terus menerus. Karena virus varisela zoster tidak akan bisa mati dari dalam tubuh anda tidak seperti penyakit sifilis.

Obat-obatan antivirus yang biasa digunakan dalam pengobatan herpes zoster adalah valacyclovir, dan acyclovir. Serta juga dapat diberikan obat antivirus yang berbentuk krim. Selain itu untuk meredakan rasa sakit biasanya menggunakan parasetamol.

Herpes Simplex

Herpes simplexs merupakan salah satu penyakit menular seksual yang ditularkan melalui hubungan seksual. Herpes jenis ini dikenal juga sebagai herpes genitalis. Dimana virus yang menyebabkan timbulnya herpes simplexs adalah herpes simplexs virus (HSV).

Gejala Herpes Simplexs

Herpes simpleks akan menimbulkan beberapa gejala dan tanda jika anda sudah tertular. Seperti munculnya luka dan ruam disekitar area kelamin, dan anus. Luka juga dapat muncul pada mulut atau tenggorokan jika anda pernah melakukan seks oral.

Virus ini dapat menular melalui mulut, dan juga melalui membrane lain seperti alat kelamin. Baik laki-laki maupun perempuan sangat rentan mengalami herpes simplexs. Meskipun bintik-bintik di area kelamin sudah hilang, bukan berarti virus HSV pun hilang dari tubuh anda.

Virus HSV akan tidak aktif sementara. Tetapi virus akan kembali aktif saat metabolisme menurun. Virus akan kembali aktif selama dua tahun sebanyak empat hingga lima kali. Herpes bisa anda tularkan meskipun ketika virus di tubuh tidak dalam waktu aktif.

Pengobatan

Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat menyembuhkan herpes. Obat-obatan yang tersedia hanyalah obat yang digunakan untuk membuat virus tidak aktif. Obat yang digunakan sama dengan obat yang dipakai untuk herpes zoster.

Cara lain yang dapat anda lakukan di rumah adalah dengan berendam di air hangat, membersihkan luka, menggunakan pakaian lembut dan longgal, meletakan es batu di area yang luka, dan menjaga kelembapan di sekitar area kelamin.

Categories: Info Penyakit

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!