Flying Fish

Tips Kesehatan Bermutu

Penyebab Penyakit Sifilis

penyakit sipilis

Seperti yang sudah sering kita ketahui penyebab penyakit sifilis melalui buku- buku kesehatan, artikel atau melalui penyuluhan- penyuluhan kesehatan di lingkungan tempat tinggal anda. Tetapi disini juga akan dijelaskan kembali mengenai penyebab – penyebab penyakit sifilis, karena untuk penjelasan mengenai penyakit ini tidak hanya cukup sekali sampai dua kali saja tetapi beratus- ratus kali pun sepertinya kurang karena untuk membicarakan penyakit yang satu ini adalah sangat penting dalam kehidupan sehari- hari. Sebelum dilanjutkan ke topiknya utamanya,  Disini akan membahas terlebih dahulu apa itu penyakit Sifilis?

Sifilis adalah penyakit seksual menular yang disebabkan oleh bakteri atau kuman yang bernama Treponema pallidum yang sifatnya kronis dan memakan waktu sampai bertahun- tahun lamanya, bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia pria dan wanita melalui selaput lendir di mulut dan vagina. Untuk mengetahui penyebab penyakit sifilis atau raja yang singa merupakan penyakit infeksi menular seksual yang bersifat kronis ini adalah dapat menyerang pada pria dan wanita dan tidak dilihat dari segi umur.

Yang paling utama penyebab penyakit ini seperti yang kita ketahui bersama. Membiasakan diri melakukan hubungan bebas, merupakan salah satu penyebab sifilis menyebar ke dalam tubuh kita. Sebab sifilis adalah salah satu penyakit menular seksual yang sangat mudah. Penyakit ini bisa menular melalui, vaginal, rektum, anal, maupun oral.

Bakteri Treponema pallidum adalah bakteri ini yang berbentuk seperti spiral berwarna putih dan tapi bisa lekas mati jika berada di luar tubuh manusia. Penularan nya sebagian besar terjadi melalui hubungan badan, karena itu berhubungan badan merupakan salah satu penyebab bakteri tersebut dapat menyebar di lingkungan para pekerja seks komersial atau PSK.

Infeksi terutama didapat apabila ada kontak langsung dengan luka sifilis yang sedang aktif. Sifilis mempunyai beberapa stadium infeksi. Setelah terinfeksi dengan sifilis, ada masa inkubasi, yaitu masa sampai sebelum timbulnya gejala luka terbuka yang sekitar 9-90 hari, umumnya rata-rata saat 21 hari sudah terlihat. Biasanya para penderita sifilis yang tidak menyadari jika mereka terkena sifilis dan karena itu mereka kurang mendapat penanganan yang kurang atau tidak baik dalam penyembuhan.

Disini ada beberapa macam cara pencegahan penyakit sifilis, diantaranya adalah:

  • Berhenti melakukan kontak seksual dalam jangka waktu lama.
  • Memiliki satu pasangan tetap untuk melakukan hubungan seksual.
  • Menghindari Alkohol dan obat-obat terlarang.
  • Membicarakan secara terbuka mengenai riwayat penyakit kelamin yang dialami bersama pasangan.

Demikianlah informasi mengenai penyebab penyakit sifilis ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dalam masalah kesehatan.

Categories: Penyakit Menular Seksual

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!